Sabtu, 01 September 2012

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Farmasi

Siapa bilang kuliah di Farmasi itu membosankan dan gak asik? Nih ane kasih tau beberapa alasan supaya yang udah masuk farmasi makin semangat kuliahnya, dan yang baru masuk jadi bangga sama kuliahnya. Cekidot yak..

1.Farmasi itu Gak Ngebosenin
Gak ngebosenin gimana maksudnya? Jelas-jelas farmasi itu banyak ngitungnya, ilmiah banget, gak asik ih! Wetseehh.. Gak ngitung tiap hari juga kali bro. Di farmasi itu kita juga ada ngapalinnya. Eh, jangan dihapalin deng, tapi dipahami :). Dan ada juga kok mata kuliah yang cuma pake logika aja.
Disini kita juga mempelajari hal lain yang secara gak langsung masih berhubungan dengan farmasi. Nih ya contohnya aja mata kuliah Perilaku Manusia di semester 2. Dulu pas awal matkul ini aku sempet mikir, ngapain ya ada mata kuliah ini di farmasi? Buat apa coba kita liat-liat sifatnya orang, secara farmasi kan hubungannya sama obat dan senyawanya? Dan setelah beberapa pertemuan, aku baru sadar bahwa matkul ini ternyata aplikasinya akan sangat banyak saat nanti sudah jadi farmasis yang nantinya akan berinteraksi dengan berbagai macam sifat manusia.
Apa jangan-jangan justru mata kuliah hapalan yang bikin kalian jadi bosen? -__-
Tapi tetep aja deh farmasi itu gak ngebosenin *ngotot. Kalo semisal kalian jenuh sama mata kuliah hapalan pahaman, masih ada mata kuliah yang ngitung-ngitung. Kalo jenuh kebanyakan duduk di kelas, masih ada praktikum yang bakalan gak bikin bosen. Tuh kan bener, farmasi itu gak ngebosenin! :D 

2. Kompleks tapi Terarah
Kompleks?? Kompleks perumahan maksudnya?
Bukaaannn.. yang dimaksud kompleks disini adalah semuanya ada di farmasi.
Coba deh, kamu mau cari apa? Pelajaran tentang tanaman? Atau kamu kangen sama perkebunan di rumah? Silahkan menuju ke Departemen Bahan Alam (Farmakognosi dan Fitokimia). Pelajari tuh semua tentang lalapan yang kamu suka dari mata kuliah disana. :)
Atau kamu dulu pengen masuk kedokteran tapi gak bisa terus? Jangan sediiihh.. Kamu bisa pelajari mata kuliah semacam Anatomi-Histologi, Faal, dsb dengan dosen-dosen para dokter! Disini kamu akan jadi mengerti seperti apa rasanya kuliah di kedokteran walaupun bukan mahasiswa dari sana. :)
Doyan dengan hal yang berbau psikologi? Atau sosial? Ada juga lho mata kuliah bertema itu, seperti yang udah aku kasih tau di point 1 di atas. Dosennya psikolog juga lho. :)
Kamu punya hobi masak tapi sekarang kamu ngekos jadi agak susah mengeluarkan bakatmu? Tenaaangg.. farmasi punya mata kuliah Preskripsi kok. Di Preskripsi ini nanti kamu belajar bikin sediaan obat. Yahh.. 11-14 lah sama tata boga hehe.. Bedanya, disini harus lebih teliti ngitung berat bahannya, dll. Intinya, harus lebih kuantitatif gitu. Dan nanti kamu akan ngerasain praktikumnya asik banget, kayak ikutan kompetisi MasterChef. Uhuy!

Terus, terus, terarah itu maksudnya gimana sih?? Tadi kan di atas udah dijabarkan kompleks itu maksudnya gimana, nah dari kompleksitas itu coba deh perhatiin masing-masing mata kuliahnya pasti masih tertuju pada satu arah, yaitu farmasi. Biar gak bingung, mari kita kulik-kulik lagi.

Misalnya mata kuliah Botani Farmasi yang tentang tanaman-tanaman. Anak farmasi belajar itu buat apa sih? Ya buat jadi farmasis dong.. FYI, lulusan farmasi itu gak melulu apoteker, tapi dia juga bisa kerja di industri obat, forensik, dan -yang sedang kita bicarain- jadi herbalis, dan sebagainya yang masih berhubungan dengan farmasi. Sebenernya herbalis (ahli tumbuh-tumbuhan) itu ranah kerjanya farmasi juga lho. Nama departemen yang ngeluarin matkul botfar itu Departemen Farmakognosi & Fitokimia atau singkatnya Bahan Alam, pastinya disana mempelajari senyawa obat dari bahan di alam, dalam arti tumbuhan. Ya sudah, semoga tidak bingung ya :)
Terus nih, yang mata kuliah dari kedokteran. Buat apa farmasi belajar ranah kedokteran? Yang ini jawabannya sangat jelas banget. Obat yang farmasi bikin kan untuk manusia. Nah, masa' kita mau bikin obat buat manusia tapi kita gak tau dalem-dalemnya manusia? Gak cuma itu, kita kan juga harus tau obat itu nanti senyawanya lewat mana aja di tubuh manusia? Ya nggak? :)
Untuk mata kuliah yang berbau psikologi, udah jelas juga, seperti yang dijelasin di point 1 tadi tentang matkul Perilaku Manusia. Itu cuma salah satu contohnya sih. Masih ada banyak lagi matkul yang berhubungan dengan psiko-sosial di farmasi. Dan ilmu itu bakalan berfungsi banyak saat kita sudah bekerja, terutama yang nantinya mau fokus jadi apoteker, yang harus memahami keadaan pasiennya. Gak kalah kan sama dokter? :)

3. Beda Sendiri
Ini agak khusus nih buat yang kampus farmasi tercintanya terletak di tengah-tengah jurusan non-eksakta, kayak farmasi-nya UNAIR, hehe.. Untuk sekedar informasi aja, Farmasi UNAIR terletak di kampus B, yang dimana disana merupakan tempat para fakultas-nya bidang IPS berdiri. Dan disana pula ada satu-satunya fakultas bidang IPA, yang tak lain dan tak bukan adalah Fakultas Farmasi #jreng,jreng,jreng..
Jujur aja, dulu awalnya agak minder gitu. Fakultas lain kayaknya kuliah nyante aja gitu, siang-siang mereka udah pulang, udah nongkrong. Kita sampe sore masih kuliah, praktikum. Malemnya pasti begadang ngerjain laporan.
Tapi itu dulu, sekarang tidak. Kan sudah minum La**segar. 
Lama-lama akan terbiasa. Itu bukan suatu masalah besar. Justru, itu yang membuat kita jadi BEDA SENDIRI di antara fakultas lain. Istilahnya, bagai kembang di antara sepatu. Eh, maksudnya kembang di antara kumbang. :p
Di kampus B, cuma farmasi yang punya jas lab. Di kampus B, cuma farmasi yang mata kuliahnya paketan terus. Di kampus B, cuma farmasi yang di bidang eksakta. Hidup farmasi! :D *ngibarin bendera Slank*
NB: orasi barusan cuma buat mengobarkan semangat mahasiswa ataupun calon mahasiswa farmasi. Maap deh kalo mungkin terkesan egois :) *sifat plegmatis si penulis keluar*. 

4. Kerja InsyaAllah Gampang
Kalo diperhatiin, dalam mendapatkan kerja, farmasi itu gak jauh beda kok sama kedokteran.
Semisal kamu kuliah di kedokteran, setelah lulus S1 (S.Ked.), kalo kamu pengen buka praktek, tentu kamu harus mengantongi ijazah profesi dulu biar dapet ijin praktek. Nah, itu sama aja kok kayak farmasi. Setelah lulus S1 farmasi (S.Farm.), kalo kalian mau buka apotek, harus ambil program profesi dulu (Apt.) selama satu tahun, setelah itu mengucapkan Sumpah Apoteker, barulah kalian bisa dapet ijin praktek buka apotek. Eh, tapi kalo udah punya apotek sendiri jangan suka ditinggal-tinggal ya. "No Pharmacist, No Service" dan harus "Patient-Oriented" (Harusnya sih.. tapi kenyataannya.. ).
   
 5. Farmasi termasuk Fakultas dengan Prospek Gaji Tertinggi 
Wuiiihh.. sumpah lo??! Iyap, bener lho, saya aja juga baru tau. Nih cekidot disini. Walaupun ini berdasarkan penelitian di Amerika, tapi paling enggak kita sebagai calon Farmasis di Indonesia harusnya bisa maju seperti itu. Bahkan saya pernah denger sendiri dari salah satu dosen, beliau berkata bahwa, "Farmasis adalah pekerjaan paling mulia di dunia,". Wuih, so sweet. Bahkan (lagi) barusan saya google, ternyata Pharmacists are among the most trusted professionals. Eh kok lama-lama gak nyambung ya sama subjudulnya? -_-


Nah, nah, nah, udah siap untuk masuk ke dunia Farmasi?
Oh ya, dan sekali lagi, artikel hanya untuk kepentingan membangkitkan semangat mahasiswa dan calon mahasiswa Farmasi (serta mungkin siswa SMF). YIIIHAA!! :D


New post about a little piece of kuliah, "Kalo udah terlanjur nyemplung farmasi lalu nggak sreg, maka pindah atau bertahan?": click here

118 komentar:

  1. Makasi bget postingan ini gan! Mkin smangat masuk farmasi! Cmn kira" universitas apa yg farmasinya bgus n lingkungannya bgus y? Makasi bget sblmnya..

    BalasHapus
  2. mau masuk kuliah tapi bingun mau d mna? #minta saran'a dong

    BalasHapus
  3. yang bagus itu udaah masuk jurusa farmasi di UNIGA aja ( universitas Garut ) biayanya paling murah se-indonesia broohh....lihat aja disini http://kampusbagus.com/s1-farmasi-universitas-garut/

    BalasHapus
  4. UI, UGM, ITB, Klo sawasta ISTN Akreditasi B (Bisa tuk karyawan)

    BalasHapus
  5. masih degdegan buat kuliah perdana besok :(
    tapi maju terus deh buat farmasi indonesia :)

    BalasHapus
  6. makasih banget deh sama artikel ini, sangat membantu!
    insyaAllah tahun ini jadi mhasiswa farmasi (amin) o:)

    BalasHapus
  7. THANKS. JADI OPTIMIS BUAT MASUK FARMASI NIH !!!

    BalasHapus
  8. Saya MABA baru 2014. Insya Allah mau ambil FARMASI. DO'akan saya yah.

    BalasHapus
  9. Waahh kebetulan saya lulusan SMF dan InsyaAllah tahun ini (2014) tetap konsisten dengan jurusan FARMASI... !!!! :)

    mohon kunjungannya gan http://komunitasfarmasi.blogspot.com/

    SALAM FARMASI

    BalasHapus
  10. alhamdulillah jadi mantap masuk farmasi. Terimakaasih kakak :D

    BalasHapus
  11. bismillah... tanggal 23 juli mau tes buat farmasi unair ;D

    BalasHapus
  12. Puji Tuhan aku ditempatkan di Farmasi, pdhl sblmx gak tau apa itu Farmasi :D

    BalasHapus
  13. mantabs ulasannya,.. blog saya juga membahas tentang farmasi

    BalasHapus
  14. jadi pengen masuk farmasi nih tp aku ga suka dan ga pinter kimia trus gmana dong sist , ada saran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau gak mau, di farmasi nanti harus tetep berhadapan dengan kimia dek, soalnya kan ntar bakalan banyak belajar tentang obat dimana ketemu sama struktur2 kimia obat, dsb. Kimia disini emang bukan yang murni kayak di jurusan kimia, tapi kalo menurutku sih kayak lebih dikolaborasikan sama biologi fisika. Semoga membantu :)

      Hapus
    2. Mksdnya dikolaborasikan sama biologi fisika brrti berhadapan dgn biologi fisika jg dong kak?ya

      Hapus
  15. Minat Memang Tidak Bisa Di Paksakan

    Tapi Setidaknya Memberikan Motivasi dan Semangat Ke Banyak Orang Adalah Hal Yang Mulia
    FansPage Kami Berisi Motivasi,Penyejuk,Penyemangat dan Hal Hal Yang Menarik

    Hidup Lebih Indah dan Berarti Ketika Bisa Saling Membantu
    Karena Suatu Saat Kelak Kita Pasti Membutuhkannya Juga

    Bantu Kami "LIKE" Ya...
    Terima Kasih....
    http://www.facebook.com/yayasanputeraindonesiamalang

    BalasHapus
  16. Jadi pengen masuk FARMASI deh :( tapi SMK emang bisa masuk yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu SMK jurusan apa dek? Temenku ada yang SMK Farmasi (SMF) bisa masuk kok :)

      Hapus
    2. Jurusan Administrasi Perkantoran kak :/ tapi swasta bisa enggak yah kak ?

      Hapus
    3. Wah di luar dugaan, aku belum bisa jawab sih, tp asalkan bisa lulus di ujian tulisnya harusnya sih bisa :) Boleh tau gak, kamu kenapa pengen masuk farmasi? :)

      Hapus
    4. dikampus kuh diterima sj tih walau SMK jurusan apa malah ada otomotif ����

      Hapus
  17. ka, fakultas farmasi sampai s1 kan? kta teman2 aku farmasi cuman ada sampai diploma aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cuman sampai S1, tapi bahkan bisa sampai S2 & S3 :)

      Hapus
  18. halo..kak, mau tanya-tanya nih. Kaka kan di UNAIR, sudah smester brp ka? oiya maksudnya ngitung2 itu yg kaya gimana? maaf banyak tanya yaaaa soalnya masih awam bgt sama farmasi. Oiya farmasi sama apoteker itu sama ya? maaf bgt nih tanya buuuanyak T________T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, makasih udah berkunjung ke blog saya :)
      Sekarang udah semester 7. Farmasi itu ntar kalo lulus jadi apoteker, tapi kerjanya selain bisa di apotek, juga industri farmasi dan rumah sakit.
      Mata kuliah yang ngitung-ngitung itu maksudnya kayak gini. Jadi di semester2 awal masih ada kayak fisika, matematika, kimia (perhitungan mol, dsb) sebagai mata kuliah dasar.
      Trus semakin semesternya ke atas, mata kuliah hitung-menghitungnya semakin berkaitan sama farmasi, misal pas bikin formula obat harus dihitung berapa miligram bahan obat yg mau diracik, dosisnya berapa, kalo diberikan ke pasien apa dosisnya sudah tepat (gak overdosis), dsb.
      Tapi tenang, gak semuanya langsung seabrek didapatkan di 1 mata kuliah. Semuanya bertahap kok. :)
      Semoga jawaban ini bisa membantu :))

      Hapus
    2. Hai kak
      Aku Sekolah Di SMK farmasi, dan kelemahan aku dari dulu mau belajar sekeras apapun dalam hal ngitung2an tuh gak bisa, kecuali emang kalo ngitung2 nya gak rumit. Aku tipe orang yang lebih memilih teori daripada runus, jadi aku bingung mau lanjut kuliah farmasi atau ke jurusan lain

      Hapus
  19. Kak,sy skrng klas 12 ips tapi sy di sruh ortu sy ngambil farmasi menurut kk bakal masuk ga ?
    Sayanya bingung kak :(

    BalasHapus
  20. Kak aku baru kelas 1 SMA aku pengen banget nanti ngambul jurusan farmasi. Kira kira pelajaran apa saja yang harus dimanjakan kak? Dan khususnya untuk kimia materi apa yg harus di kuasai kak. Tolong jawab ya kakak. Terimakasih

    BalasHapus
  21. kak untuk ilmu yg dipelajari di farmasi itu apa aja ya kak? karna kebetulan nih saya udh kelas 3 SMA dan serius mau masuk farmasi.. terus kalo mau masuk ke farmasi bagusnya masuk ke universitas mana ya? mohon informasinya ya kak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang, ilmu di farmasi itu luas dan saling berkaitan. Cenderungnya lebih banyak ke kimia, lalu biologi, walaupun tetep pasti sedikit banyak ada fisika dan matematika. :)
      Saranku sih, mau ke jurusan apapun, carilah yg paling enggak fasilitasnya menunjang dan dari segi pembelajarannya bagus, terakreditasi. Beberapa univ negeri di Indonesia udah banyak kok yg bagus, mis. unair, itb, ui, ugm, dll. Bahkan univ swasta skrg udah ada yg gak kalah sama univ negeri dr segi kualitas. Semoga jawabannya bs membantu :)

      Hapus
    2. Bisa dibilang, ilmu di farmasi itu luas dan saling berkaitan. Cenderungnya lebih banyak ke kimia, lalu biologi, walaupun tetep pasti sedikit banyak ada fisika dan matematika. :)
      Saranku sih, mau ke jurusan apapun, carilah yg paling enggak fasilitasnya menunjang dan dari segi pembelajarannya bagus, terakreditasi. Beberapa univ negeri di Indonesia udah banyak kok yg bagus, mis. unair, itb, ui, ugm, dll. Bahkan univ swasta skrg udah ada yg gak kalah sama univ negeri dr segi kualitas. Semoga jawabannya bs membantu :)

      Hapus
  22. kak, ktanya farmasi itu lebih banyak ke kimiaya.., nah emangnya mapel kimia apa sih yg harus bener2 dikuasi kalo di jurusan farmasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kimia dasar, kimia organik.. itu dulu modalnya.. macem macemnya nanti di perkuliahan

      Hapus
  23. Kak bedanya pendidikan apoteker sama farmasi itu apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo farmasi itu untuk s1, sedangkan apoteker itu gelar profesi yg bisa didapat sesudah menempuh s1 tadi

      Hapus
  24. bener banget,,, baru jadi asisten apoteker gajinya udah wow kok..apalagi jadi apoteker.. percaya deh jurusan farmasi itu,jurusan yg gampang cari kerja.. kalo apoteker gak boleh nyabang.. tapi kalo jadi asisten apoteker bisa nyabang apotik,rumah sakit.. kalo gak bisa/gak ada biaya buat jadi apoteker (S1) ya D3 aja.. kalo gak bisa SMKF aja..
    emang susah pas belajar tapi dalam kenyataan di lapangan.. gak seruet itu.. :) farmasi itu keren banget.. 11 12 lah sama dokter ilmunya.. malah jagoan farmasis kalo bikin resep :)

    BalasHapus
  25. Ka lagi binggung banget nih mau lanjutin kuliah ke mana D3 atau S1 yah ? Tapi initinya aku mau jadi apoteker . kalau aku ambil D3 aku bisa langsung ambil profesi ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa dek. Harus ambil S1 dlu bru bisa ambil Apt nya.

      Hapus
    2. Iya bener kata agan atas saya, kalau mau jadi apoteker, saya sarankan ambil S1 aja, soalnya kalo mau ambil profesi apoteker harus S1 dulu :)

      Hapus
  26. duch sya bingung mw kuliah dmn..? saya d suruh ngambil farmasi cma ortu. apa bisa aoalx saya jurusan ips. hemt bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini :)
      Kalo di UNAIR, setau saya bisa kok dari ips ambil farmasi, soalnya disini di semester awal belajarnya mulai basic, dasar. Tapi saya kurang tau kalo dari univ lain gimana. Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
    2. Harus belajar ekstra, kalau ga suka buku mendingan ga usah

      Hapus
  27. kak apa bisa ngambil jurusan farmasi. tapu sya jurusan ips.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini :)
      Kalo di UNAIR sejauh ini yang saya tahu dari ips bisa masuk ke farmasi, karena di semester awal masih belajar yang dasar. Saya kurang tahu kalau di univ lain. Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
    2. Kak mau tanya, saya sangat tertarik sama farmasi, tapi saya bodoh di kimia, biologi,fisika. Gimana itu kak? kakak pasti dulunya sekolahnya pintarkan

      Hapus
  28. assalamualaikum, gan ane lulusan SMF tapi bingung mau lanjutin d3/ s1 farmasi, itu juga ke PTS kelas karyawan, kalo akreditas kampus ngaruh ya ketempat kerja yg mau dilamar?

    intinya ane mau nanya menurut agan,
    - pilih d3/ s1?*tp ane ga kepingin lanjut profesi apoteker
    -akreditas kampus ngaruh?

    ditunggu balesannya ya kak, makasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)
      Aku belum banyak pengetahuan tentang D3 farmasi, tapi setau saya kalo gak salah lulusan D3 farmasi lebih banyak prakteknya, dan kalau di dunia kerja cenderung jadi analis (mohon dikoreksi kalau salah). Kalau yang S1, teori2 lebih diutamakan walaupun kita juga harus tau secara prakteknya, karena kalau S1 lebih diarahkan untuk jadi yang me-manage, pencari solusi, pembuat keputusan.
      Untuk masalah lanjut atau gak ke profesi apoteker, ini sebenernya terserah agan, tapi bisa lho berubah karena temen2 agan mungkin nanti banyak yang ikut profesi, berjuang bareng walaupun tahu farmasi itu gak mudah. Tapi sekali ini terserah agan hehe :D
      Intinya, dari S1 bisa nggak melanjutkan profesi. Kalau mungkin agan berminatnya di penelitian (biasanya jadi dosen atau peneliti) bisa langsung lanjut ke S2.
      Akreditas kampus ngaruh apa nggak, setau saya tergantung perusahaan yang mengadakan lowongan. Pastinya perusahaan juga melihat dari kemampuan, pengalaman agan.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
    2. Akreditasi kampus ngaruh perihal sikut sikutan di tempat kerja wkwk

      Hapus
  29. saya kelas 2 SMA dan suka banget sama kimia tapi masih bingung nanti pas kuliah mau ambil jurusan apa kalo di farmasi peluang baut kerja di industri obat besar gak?? soalnya saya pengennya kerja di industri obat bukan apoteker..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apoteker itu bukan hanya seseorang yang bekerja di apotek. Apoteker atau farmasis itu bidangnya luas. Kamu bakalan bisa kerja di apotek, rumah sakit, industri obat, forensik, dll. Peluang kerja di industri obat justru besar banget kalo kamu masuk farmasi.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  30. Assalamualaikum kak. Perkenalkan, Nama Saya Akmarina, dan tahun ini Saya lulus SMA. Tadi, Saya baca sekilas, kata kakak farmasi itu juga belajar tentang anatomi-histologi tubuh manusia, apa itu berarti saat praktikum, ada saat dimana kita harus bedah mayat kak? Saat ini Saya sedang bimbang memilih jurusan untuk jalur sbmptn kak.. dan nggak pernah terpikir oleh saya utk mengambil jurusan farmasi. Baru baru ini, Ibu Saya menyarankan jurusan farmasi utk Saya ambil.. Tapi, Saya punya fobia terhadap hal hal yang berbau darah manusia seperti pembedahan mayat atau semacamnya kak... Mohon panduannya ya kak... Terimakasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang, disini nggak ada bedah mayat kok dek. Di mata kuliah ini cuma secara teori aja. :)

      Hapus
  31. Waaahhhh Alhamdulillah :)) Bagus Banget ini Bacaan nya... Jadi Tambah SEMANGAT Lagi Dah :D Thanks Master!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya belum master, hehe. Terima kasih sudah mampir di blog saya! :)

      Hapus
  32. Selain untuk manusia, farmasi untuk bidang hewan juga bisa kak? Ada pembedahan2 hewan gitu ga? Ga tega soalnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Setelah lulus farmasi nanti bisa kok bekerja di industri pembuatan obat untuk hewan atau semacamnya.
      Kalau masalah pembedahan hewan gitu, sebenarnya masuk ke materi beberapa praktikum, tapi gak banyak kok, dan itu pun mbedahnya nggak sendirian, tapi kelompokan.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  33. Setelah lulus S1 Farmasi apa harus mengambil profesi untuk bekerja?
    Kalau hanya lulus S1 nanati kerjanya apa?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya profesi apoteker.

      Hapus
    2. Terima kasih sudah mampir di blog saya :)
      Kalau kamu ingin jadi farmasis/apoteker, bekerja di industri obat, rumah sakit, atau apotek, seharusnya mengambil program profesi apoteker. Kalau berminat jadi akademisi (dosen, peneliti) bisa dilanjutkan ke S2, bisa tanpa ambil profesi ataupun ambil profesi terlebih dahulu.
      Untuku lulusan S1, setau saya pekerjaannya lebih terbatas, karena belum punya wewenang untuk praktek di apotek dan industri obat atau rumah sakit biasanya lebih cenderung memilih yang sudah Apoteker. Untuk yang hanya lulusan S1 kalau berminat di penelitian bisa langsung ambil S2 seperti yang saya bilang tadi.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  34. Kak mau nyak.kuliah farmasi pelajarn ap yg plng sulit???
    Coalnya q dr jurusan ips ap bisa msok kuliah farmasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog ini :)
      Kalo pelajaran paling sulit, bakalan sulit kalo dari dalam hati udah dipikir sulit. :) Disini ada pelajaran hapalan (sebenarnya lebih ke pemahaman) dan hitung2an. Yang jelas, di farmasi itu harus telaten dan tangguh :)
      Kalo di UNAIR, bisa kok yang dari ips masuk farmasi, karena di semester awal belajarnya mulai dari yang dasar.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
    2. Yang sulit kimia medisinal.. ヽ(●゚´Д`゚●)ノ゚ belajar dari bego ga tau apa apa, sampai ngerti dikit, sampai bego lagi.

      Hapus
  35. kak saya berminat difarmasi karena suka hapalin obatx,tp agak fobia di hitung2nya hitu, lebih dominan mana kak hitung2 ama hapalannya, makasih kak saya tunggu jawabannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut aku sih sama ya dua-duanya, soalnya kalo ngapalin obat pasti juga ngapalin dosis dan itu di pakai buat hitung-hitungan ^^,

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Menurut aku sih sama ya dua-duanya, soalnya kalo ngapalin obat pasti juga ngapalin dosis dan itu di pakai buat hitung-hitungan ^^,

      Hapus
    4. Menurut aku sih sama ya dua-duanya, soalnya kalo ngapalin obat pasti juga ngapalin dosis dan itu di pakai buat hitung-hitungan ^^,

      Hapus
  36. semoga mempermudah masuk unversitas nanti nya sekolah ke smk ngambil jurusan farmasi, apalagi farmasi itu banyak istimewa nya, beda sama perawat maupun analis^^

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum kakak :)
    kak saya mau tanya untuk prospek kerjanya farmasi sama psikologi ituu bagusan manasih kak??

    dan alasannya kenapa??
    saat ini aku sekolah di SMF sih kak,, tpii msihh sulit memantapkan hati untukk suka sama farmasi, krena dulu suruhan ortu...
    gimana jalannya yya kak biar suka dan tambh smngat sama jurusan ini...

    tolongg kasih motivasi ya kakak .. terimakasihh....
    wassalamualaikum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Terima kaih sudah mampir ke blog ini :)
      Wah kalo dibandingin sama psikologi kan udah beda bidang dek :)
      Kalo menurutku, coba kamu gali lebih dalam sebenernya farmasi itu gimana dan bakalan ngapain kalo kamu sudah di bidang farmasi. Terus, mungkin kamu juga bisa tanya ke temen atau guru, alasan mereka memilih farmasi. Kadang, pertanyaan2 kecil kayak gitu bisa membuka wawasan ttg dunia yang bakalan kamu pelajari ini. Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  38. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1483975725260786&set=a.1401622156829477.1073741830.100009451185220&type=1

    BalasHapus
  39. Ada bnyak pertanyaan yang sama dan masih belum terjawab. Contoh" saya dari program studi Ips Dan saya Ingin menjadi farmasis apakah bisa Saya masuk kuliah dan mengambil Jurusan ips. " Dan saya Dari IPS selesai SMA Saya bekerja Di rumah sakit Bagian Instalasi Farmasi Sudah Setahun saya Di dunia Farmasi. Walaupun Tidak Mengenal Teori Tetapi saya Tertarik di dunia Farmasi Dan Saya Ingin melanjut Kuliah Di bagian Farmasi Apakah bisa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog ini :) Mohon maaf banyak pertanyaan yang belum sempat terjawab.
      Kalau di UNAIR, dari program studi IPS bisa masuk ke farmasi kok. Semua belajar mulai dari awal, apalagi kalau kamu sudah ada interest di dunia farmasi sejak awal, menurutku insyaAllah pasti bisa di farmasi. Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  40. apa kalo kuliah di farmasi harus ngambil pend apoteker juga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir ke blogku :)
      Enggak juga, kamu bisa langsung lanjut ke S2 tanpa ambil program apoteker :)

      Hapus
  41. ka aku sekarang udah 3 SMA dan minat bgt buat masuk farmasi di universitas negeri nah biar ga salah urutan buat milih univ di smptn nanti dulu kaka milih univ negrinya apa aja? dan seandainya swasta dapetnya farmasi swasta yang bagus dimana ? oh ya satu lagi kalau mau jadi farmasi atau apoteker yg berhubungan sama rumah sakit tinggi badan berpengaruh ga �� soalnya aku termasuk kecil dan takut ga diterima kerja di rumah sakit . mohon dijawab yaa kaaaa makasihh sebelumnyaaaa

    BalasHapus
  42. tapi kok banyak penjahat obat ya...

    BalasHapus
  43. Assalamualaikumm gan, gini saya berminat dengan bidang Farmasi, nah kalau hapalan insyaallah gak terlalu berat buat saya. Masalahnya itu kimia, nah yang mah saya tanya kan apakah kimia itu semua nya dimasukan (elktrolisis, Rx, Kimia unsure,makromolekul dll) atau hanya kimia dasar saja yang dipakai? Bisa tolong agan sebutkan contoh materi kimia yang biasa dipakai agar saya bisa belajar lebih awal lagi. Trimakasih gan 😁

    BalasHapus
  44. Assalamualaikumm gan, gini saya berminat dengan bidang Farmasi, nah kalau hapalan insyaallah gak terlalu berat buat saya. Masalahnya itu kimia, nah yang mah saya tanya kan apakah kimia itu semua nya dimasukan (elktrolisis, Rx, Kimia unsure,makromolekul dll) atau hanya kimia dasar saja yang dipakai? Bisa tolong agan sebutkan contoh materi kimia yang biasa dipakai agar saya bisa belajar lebih awal lagi. Trimakasih gan 😁

    BalasHapus
  45. kak,apakah jurusan farmasi itu menyenangkan dan materinya nya tidak terlalu sulit.

    BalasHapus
  46. Hai kak, saya kelas 12 nih dan lagi dilema bgt milih jurusan,pertamnya saya udh nyakin bgt mau ambil jurusan farmasi dan beberapa hari terakhir ini saya galau bgt harus milih farmasi atau fakultas teknik, dan kak saya mau tanya kalo yg fakultas farmasi itu bisa kerja di perusahaan obat gitu kan kak? Trus saya pengennya kerja di perusahan bisa kak? Dan ada saya baca farmasi itu ada 2 industri modren sama obat"tan tradisional, maksudnya apa kak? Jelasin dong kak makasih
    Balas ya kak lagi bingung bgt kak

    BalasHapus
  47. hidup farmasi, khususnya FFUA! *walau masih galau lagi* =))

    BalasHapus
  48. Halo kak saya kelas 12 IPA kebetulan sangat tertarik sekali dengan farmasi, selepas lulus sma saya berminat mengambil jurusan analisis farmasi dan makanan (diploma). Saya ingin bertanya kak bedanya diploma anafarma, diploma farmasi sama S1 farmasi apa ya? Terus jika saya mengambil jurusan anafarma msh berpeluangkah selepas fresh graduate diploma anafarma saya diposisikan di farmasi rumah sakit?atau harus melanjutkan ke s1 farmasi terlebih dahulu?

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. bismullaah, go pharmacict Indonesia

    BalasHapus
  51. assalamualaikum kak,saya mau tanya kak saya sudah kelas 3 smk nah saya tuh suka banget sama farmasi . tapi disekolah saya tuh belajar kimia nggak ada nah saya juga nggk terlalu pinter hitung"an . saya juga mau kuliah di farmasi nah gimana tuh menurut kakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Makasih udah mampir ke blog saya :) Mohon maaf baru sempat saya balas.
      Wah bagus tuh dari awal udah suka farmasi. :)
      Kalo boleh tau, kamu SMK jurusan apa? Dan apa yang kamu suka dari farmasi?
      Kalo menurutku, kalo kamu udah punya keinginan dan motivasi yang kuat seperti itu, dicoba aja masuk farmasi. :) Semangat!

      Hapus
  52. Kak mau tanya kalo lulus kuliah jurusan farmasi tapi cuma sampai s1 ngga ngambil prtofesi sh prospek kerjanya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat saya balas. Makasih udah mampir di blog saya :)
      Kalo cuma sampai S1 aja nggak nerusin profesi sebenernya gak salah, tapi harus jelas setelah lulus mau kemana, misal langsung ambil S2. Dari situ biasanya jadi peneliti atau akademisi.
      Prospek kerja di bidang farmasi untuk lulusan profesi lebih luas daripada cuma lulusan S1. Misal di apotek, orang cenderung pilih SMF dari pada S1 untuk jadi AA karena udah sering praktek, sedangkan untuk jadi apoteker penanggungjawab pun juga gak bisa karena gak punya ijin praktek sebagai apoteker. Di industri pun juga begitu, perusahaan akan lebih memilih lulusan profesi.
      Semoga jawaban ini bisa membantu :)

      Hapus
  53. Kak, saya pengen masuk Farmasi. Tapi sekarang saya sekolah SMK di jurusan pengawasan mutu. Gak terlalu jauh jauh banget sih sama farmasi. Pengawasan mutu juga belajar kimia dasar, kimia organik. Kira-kira bisa gak ya masuk ke farmasi? kalo misalnya universitas yang mau saya masuki syaratnya harus lulusan SMF gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat saya balas. Makasih udah mampir di blog saya :)

      Setau saya baik SMA, SMK, ataupun SMF bisa kok masuk universitas, dicoba aja dulu, kan sama-sama pakai tes masuk :) Semangat!

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. min, kuliah farmasi berapa lama sih?

    BalasHapus
  56. Kak, klo lulusan D3 farmasi, apa bisa lnjut ambil profesi(apoteker)?

    BalasHapus
  57. Kak kalo untuk jadi apoteker kita itu kan harus lulus S1 farmasi, nah itu berapa tahun buat lulus? terus kalo sudah lulus kita harus kerja lapangan dulu baru kuliah yang profesi atau tanpa kerja dulu juga kita bisa langsung nerusin buat jadi apoteker?
    Untuk prospek kerjanya nanti apoteker dilihat pengalaman kerjanya gak?
    Kalau sudah sumpah apoteker kerja dulu ataupun tidak itu bisa langsung mendirikan apotek sendiri kak?
    Makasih sebelumnya kak, semoga dijawab, maaf banyak juga :) Ini lagi nyari referensi buat meneguhkan tahun besok ngambil farmasi kak

    BalasHapus
  58. ada yang punya saran agar minat baca imo dan van duinn atau buku yang menarik yag direkomendasikan???
    soalnya bahasannya ribet

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum, kak. Aku itu pengen kuliah jurusan farmasi, tapi kata ibu jgn nanti cape praktikum melulu, beli larutan-larutannya mahal juga. Tapi aku tuh pgn banget ke farmasi, aku pgn jd apoteker. Aku pgn ngeyakinin ibu kalo kuliah farmasi itu gak bakal bikin aku cape, tapi aku baca dari tulisan kak rena itu "Kita sampe sore masih kuliah, praktikum. Malemnya pasti begadang ngerjain laporan." Nah aku bingung, apa setiap hari pasti kayak gitu apa berapa kali dalam semester ? Makasih kak.

    BalasHapus
  60. Kak, mau nanya dong. Aku tahun ini alhamdulillah lulus farmasi di univ akreditas A. Denger2 kalo difarmasi ad mtk ya. Soalnya kalo fisika,kimia dan bio sy suka banget. Cm rada2 ngeri denger kata mtk. Nah, sy m nanya dong mtk dominan ga sih? Ga kan ya? Trus, sy pengennya selesai 3,5tahun, kira2 bsa gsih? Utk profesi apt g harus d kmpus yg sma jg bsa kan kak? Mksh sebelumny��

    BalasHapus
  61. kak, kalo misalnya lulusan SMA jurusan IPA, kira kira mudah apa susah klo mau masuk farmasi ??.

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum Kak, mau nanya, jurusan farmasi bisa kerja di bidang forensik ya Kak? forensik kepolisian??

    BalasHapus
  63. Assallamualaikum kak saya nanya saya kan dari SMF kalo lanjut di UNAIR bagusnya itu lanjut D3 apa S1 ya? Dan dan saya inginnya dapat beasiswa dan jalur cepat. mohon sarannya ya kak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo d3 jadi asisten apoteker, kalau s1 setelah lulus bisa lanjut ke profesi apoteker baru jadi apoteker.

      Hapus
    2. Kalo d3 jadi asisten apoteker, kalau s1 setelah lulus bisa lanjut ke profesi apoteker baru jadi apoteker.

      Hapus
  64. Assalamualaikum. Saya ingin bertanya ka kalau sudah lulus smf apa bisa langsung kerja?? Klo bisa itu kerja nya dimana? Di bidang apa??

    Ditunggu jawaban nya ya ka :)

    BalasHapus
  65. Hallo salam kenal..
    Sy mahasiswa farmasi di UMI Makassa skrg dah semester 7.
    Hehe.. Ngebaca yg diatas emang ngerasain banget gimana serunya jd mahasiswa farmasi, kesibukan yg diluar dugaan wktu blum jd mahasiswa farmasi, mskipun kk senior dlu udah pd cerita gmna pengalaman mreka tp yah gitu ngga bakalan tau klw ngga ngerasain sndri wkwkwkwk..
    Skrg krna udah smster 7 sy pribadi udah sngat sering dan lebih sering brpikir ttg profesi kedepannya, krna kt tau bhwa farmasi tuh ngga cm ttg jd apoteker di apotek tp bs krja di industri, penelitian, bhkan malah ada yg krjanya di bank 😂
    And then, sy skrg lg sangat" tertarik buat ngelanjutin dibidang farmasi forensik hehe, lebih ke bidang analisis. Tp msh bingung mau lnjutin dmna? Ada saran? Hehe 😊

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum, kan kakak kuliah di unair jurusan pendidikan apoteker ya? Itu lulusan nya udah langsung punya hak buat buka apotek sendiri atau gimana? Terus apa kl udah masuk di unair pendidikan apoteker jalur snmptn masih ada tes lagi?. Mohon jawabannya kak. Terima kasih😊

    BalasHapus
  67. Alhamdulillah postingannya buat aq makin semangat buat masuk jurusan faramsi.. Semoga lolos SBMPTN terus dapet farmasi.. Amiinn

    BalasHapus
  68. hallo,, saya mau tanya min, kan saya ni SMA jurusan IPS tuh bsa gk ya kuliah farmasi nnti? trs tuh universitas mana ya yg bisa nerima SMA IPS masuk farmasi ? tlng dibantu ya,, saya lgi bingung ni:)

    BalasHapus
  69. Kak mau tanya. Kan di unej itu jurusannya farmasi, kalo di unair pendidikan apoteker. Itu apa bedanya kak?
    Dan kalo pendidikan apoteker itu juga kuliah lagi 1 tahun buat daper gelar Apt. ?
    Terus pel kimia, biologi, sm fisika itu dominan apa kak ?
    Apa persaingan masuknya juga sukit di unair ?
    Mohon jawabannya ya kak. Ini saya masih bimbang sama jurusan.

    BalasHapus
  70. Kak saya kan tertarik dengan jurusan farmasi. Cuman saya lebih dominan ke biologi kak. Saya bisa sih kimia, bisa tapi saya cenderung agak susah memahami materinya. Seperti contoh bagian alkanol gitu kak.
    Kalo untuk nanti di perkuliahan sendiri, apa materinya condong ke kimia semua? Apa gimana kak?

    BalasHapus
  71. wahh.. tulisan tangan kakak bener" sedikit menaikkan semangat saya.. kalau boleh curhat nih.. saya maba farmasi. lagi ada problem sm doi. si doi banding bandingin saya sm mantannya yg sekarang sekolah keperawatan. pasti dong kebanting. dia bilang dengan gamblangnya. kalau farmasi itu cuman tukang bikin obat, bukan bidangmu merawat orang luka atau cidera. wah aku marah tu.. gaterima. jadi sedikit nyesel masuk farmasi. jadi apa ya.. miris gitu.. kok tega.. mandang sebelah mata :(.. maaf ni kak.. jadi curhat disini ekekek 😂

    BalasHapus
  72. Kak kalo farmasi itu ada syarat fisiknya nggak? Kyk dokter gitu. Soalnya saya pengen ambil farmasi tapi mata saya rabun

    BalasHapus
  73. Maaf kk aku pengen info dr Kk��
    aku mau nny bs ngk S.kom
    Kuliah lg ke Farmasi
    Mksh ��

    BalasHapus